Friday, March 8, 2013



Komik yang pertamakali dibelikann ibu saat saya kelas 4 SD.

Keberadaan komik ini menginspirasi saya untuk kemudian mencari sendiri penyewaan komik karena membeli komik itu mahal (haha..). Persewaan komik dulu pertama kali saya temukan di Klaten waktu kelas 1 SMA, padahal rumah saya di desa, jadi kalau mau menyewa komik harus saat pulang sekolah karena SMA saya sudah berada setengah jalan menuju kota Klaten. Ingat waktu awal-awal sewa komik, duuhh, langsung sepuluh, karena batas peminjamannya maksimal sepuluh waktu itu. Sering juga saat libur hari minggu atau hari besar, saya nyetok komik dirumah untuk dibaca. Saudari perempuan dari Budhe yang tinggal di Semarang dan biasa pulang saat Idul Fitri (saudari saya namanya juga Fitri :) ) juga suka membaca komik bahkan kadang sebelum sampai dirumah desa (rumah simbah) ia sering merequest komik yang ingin dibacanya.

Buku komik ini baru saya dapatkan dan dibaca setahun yang lalu di persewaan di Yogyakarta tepatnya di sebelah barat UPN Veteran yang bernama RIZKY. Sebelumnya juga sempat saya cari di persewaan langganan di Pogung tapi sudah diloakkan katanya. Cerita yang cenderung konyol mungkin tapi saat saya berhasil menemukan kelima seri yang dulunya menggebu-gebu ingin baca, eeeh, ternyata pada akhirnya teronggok begitu saja saat disewa kemarin. Jilid satu saja sudah cukup menjelaskan asal muasal cerita di jilid 4 dan  5 yang saya punya dulu (karena saya dulu masih suka merusak-rusak barang, maka komik ini juga tak luput terkena imbasnya). Hal itu terjadi karena sekian lama membaca komik membuat saya memiliki kriteria sendiri mengenai komik yang menarik itu dan komik ini tak termasuk didalamnya. akan tetapi jilid 4 dan 5 masih masuk dalam kriteria yang cukup menarik untuk dibaca. Genre yang dering saya baca biasanya humor dan serial cantik tapi tidak yang serius karena bagi saya membaca komik adalah hiburan, bukannya untuk membuat saya berpikir kembali secara mendalam mengenai komik itu.


Komik berjudul Gold fish yang dibuat oleh Nekobe Neko ini jilid pertamanya release di Indonesia tahun 1992 dan jilid ke 4 dan 5 saya beli di toko buku di Klaten tahun 1998 dan 1999. Cerita komik ini biasa saja sebenarnya. Berlatarbelakang bangku SMP di pedesaan. Tokoh utama adalah anak bernama Anggi yang pindah sekolah karena tiba-tiba ayahnya bangkrut dan mengharuskannya pindah sekolah dari yang dulu sekolah elit di kota. Sekolahnya yang baru terletak di pedesaan yang ternyata isinya unik. Murid-murid sekolah tak hanya manusia saja akan tetapi para sapi juga menjadi murid di sekolah ini. Awal masuk sekolah tersebut adalah saat ia juga bertemu dan akhirnya berteman (memelihara mungkin lebih tepatnya...) dengan Gyopi si ikan emas yang bisa terbang. Jilid 4 dan 5 menceritakan tentang Kitada ,wakil ketua OSIS, yang disukai oleh primadona sapi yang bernama Ushimi. Usaha Ushimi yang pemalu mendapat tantangan dari para penggemar sapinya namun akhirnya dapat tersampaikan juga meskipun jawabannya abu-abu sekali kalau menurut saya.



No comments:

Post a Comment